Apa yang harus dilakukan agar laptop tidak lemot?

Laptop yang lemot bisa mengganggu produktivitas kerja. Laporan yang harus dikirim segera atau zoom meeting yang terlewatkan, bisa saja terjadi karena laptop kelewat lemot dan sering hang.

Kalau laptop kamu lemot, begini cara mengatasi laptop lemot sebagaimana dirangkum dari Panda Security. Dengan begitu, laptop bisa bekerja lebih cepat.

1. Ruang harddisk

Idealnya, harus ada ruang bebas 15% di harddisk. Jika harddisk mulai penuh, hapus beberapa program dan file bisa meningkatkan kecepatan laptop.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

2. Ada berapa tab yang tidak terpakai?

Jika bekerja dengan proyek besar, sering banyak tab yang terbuka dan kadang lupa ditutup ketika sudah tidak terpakai. Padahal menutup tab bisa membuat kerja laptop lebih cepat. Jangan lupa juga untuk refresh browser.

3. Hapus file

File sementara yang digunakan untuk proses instalasi, caches dan cookies dari internet juga memperberat kerja laptop. Untuk Mac, install aplikasi CCleaner untuk mengetahui temporary files dan menghapusnya. Untuk PC, klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup.

Baca juga: Awas! Aplikasi Antivirus Gratisan Bikin HP Rawan Dibobol Hacker

4. Backup data

Backup data dengan memberi hard disk eksternal. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan online seperti Google Photos, Amazon Drive, Dropbox dan lainnya. Dengan begitu, RAM aman dan OS berjalan lebih baik.

5. Restart laptop

Restart laptop bisa menyegarkan memori, ini bisa memberikan peluang juga untuk install update. Jika kamu menggunakan laptop secara nonstop, sebaiknya restart seminggu sekali.

6. Hapus bahasa yang tidak digunakan

Cara sederhana untuk mengosongkan beberapa ruang operasi komputer adalah dengan menghapus bahasa yang tidak digunakan.

Di PC dengan OS Windows, lakukan langkah berikut: Settings app > Time & Language > Language > Windows Display Language. Pilih Bahasa yang kamu inginkan dan tetapkan sebagai Bahasa Default. Pilih Hapus bahasa untuk mengosongkan ruang di sistem Windows.

Cara mengatasi laptop lemot bukan perkara yang sulit untuk dilakukan oleh siapa pun. Anda dapat melakukannya sendiri.

Dengan tips dan trik yang ada di artikel ini, Anda bisa menghemat biaya karena tidak perlu membawa laptop ke jasa service.

Untuk mengetahui cara-caranya, simak artikel ini. Namun, sebelum itu, mari bahas terlebih dulu apa saja penyebab laptop lemot.

Penyebab laptop lemot

laptop lemot bisa diatasi dalam lima cara

Tiba-tiba laptop Anda melambat dan tidak tahu apa sebabnya? Ternyata memang ada banyak faktor atau kemungkinan mengapa laptop Anda menjadi lambat kinerjanya.

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai apa saja yang menyebabkan laptop Anda menjadi lemot:

  • Memori penyimpanan penuh
  • Hard Disk (HDD) sudah terlalu lama dipakai
  • Banyaknya program yang otomatis dimulai saat laptop dinyalakan (startup program)
  • RAM terlalu kecil kapasitasnya
  • Tidak meng-update sistem operasi (OS)
  • Terinfeksi virus atau malware
  • Kerja browser terlalu berat
  • Banyaknya temporary program di laptop
  • Kapasitas HDD banyak yang terpakai
  • Menggunakan visual effect atau fitur visual yang berlebihan.

5 cara mengatasi laptop lemot dengan mudah

cara mengataasi laptop lemot dalam lima langkah mudah

Cara mengatasi laptop lemot bisa Anda lakukan sendiri terlebih dahulu. Di bawah ini adalah beberapa metode yang bisa digunakan:

1. Menghapus temporary files atau temp files

Menghapus temp files bisa Anda lakukan dengan Windows Disk Cleanup. Selain menghapus temp files, utilitas ini bisa digunakan juga untuk menghapus file tidak terpakai.

Anda bisa membuka menu Start dan masukkan %temp%. Langkah selanjutnya dalah menghapus semua file di dalam folder ini dan lewatkan yang tidak bisa dihapus.

2. Matikan fungsi TSR dan startup program

Gunakan Task Manager untuk melihat program apa yang berjalan di background dan seberapa banyak memori serta CPU yang digunakan.

Setelah Anda buka Task Manager, klik Processes dan pilih program yang ingin di-disable dengan mengklik tombol End Task.

3. Bersihkan HDD

Membersihkan di sini artinya meningkatkan kapasitas dari HDD. Caranya, Anda bisa meng-uninstall program yang tidak terpakai.

Selain itu, bisa menggunakan Disk Cleanup dan menghapus file yang ingin Anda hapus.

4. Cari permasalahan pada hard drive

Jika cara-cara di atas masih belum bisa membuat laptop Anda menjadi lebih cepat, cobalah untuk mencari permasalahannya pada HDD.

Caranya, cari Launchpad, buka folder Other, dan klik Disk Utility. Gunakan First Aid untuk mencari permasalahan di HDD.

5. Scan virus

Komputer yang terserang virus bisa jadi lambat, maka penting bagi Anda untuk menjalankan scan virus di laptop.

Jika tidak memiliki virus scanner, Anda bisa menggunakan Housecall dari Trend Micro secara gratis untuk memindai dan menghapus virus.

5 cara lain mengatasi laptop yang lambat

cara mengatasi laptop lemot cukup mudah

Selain lima cara yang sudah disebutkan di atas, di bawah ini ada lima cara lain mengatasi laptop lemot dengan mudah.  Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Memindai malware 

Malware dan spyware adalah permasalahan yang acap kali terjadi dan menimbulkan masalah ke laptop Anda.

Jika terserang malware atau spyware, kinerja laptop bisa menurun. Gunakan Malwarebytes untuk menuntaskan masalah ini.

2. Perbarui sistem operasi

Seperti yang dijelaskan di awal, tidak meng-update OS laptop bisa membuat kinerjanya menurun.

Cara mengatasi laptop lemot dengan cara ini cukup mudah. Anda hanya perlu membuka Windows Update dan menjalankan update-nya.

3. Disable plugin yang tidak digunakan browser

Sekilas sudah dijelaskan bahwa kinerja browser bisa memberatkan laptop. Untuk membuatnya lebih ringan dan mempercepat loading laptop, Anda bisa men-disable plugin browser.

4. Mematikan laptop sejenak

Laptop overheating juga bisa memengaruhi performanya. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mematikan laptop sejenak dan menggunakan kipas khusus laptop. 

5. Upgrade memori dan HDD

Memori yang terbatas membuat laptop menjadi lambat, langkah ini bisa menjadi cara mengatasi laptop lemot yang terakhir jika cara-cara di atas tidak membantu sama sekali.

Jika ternyata permasalahannya ada kerusakan HDD, Anda bisa membawanya ke jasa service laptop dan mengganti komponen yang harus diganti.

Apa yang harus dilakukan jika laptop lambat?

15 Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kembali Lancar.
Hapus Program yang Tidak Anda Pakai..
Matikan Program yang Otomatis Dijalankan Saat Startup..
Gunakan Antivirus yang Ringan..
Bersihkan Cache Secara Berkala..
Merubah Pengaturan Daya ke High Performance..
Manfaatkan MSconfig untuk Mematikan Program yang Tidak Penting..

Tekan tombol apa jika laptop lemot?

Menggunakan CTRL + R Cara refresh laptop dapat dilakukan dengan menekan tombol CTRL + R pada keyboard kamu untuk mengatasi perangkat yang lemot.

Apa yang membuat laptop ngelag?

Penyebab laptop hang bisa jadi karena terlalu banyak program yang dioperasikan bersamaan. Selain itu, laptop hang juga dapat disebabkan oleh hard disk yang penuh sehingga tidak ada ruang lagi bagi perangkat tersebut untuk menyimpan dan memproses program.

Kenapa laptop lemot dan sering not responding?

Not responding biasanya terjadi karena kurang sumber daya sistem, bug pada perangkat lunak, hingga terlalu banyak membuka program pada laptop. Saat ini, laptop menjadi kebutuhan utama kebanyakan orang. Laptop digunakan untuk mendukung berbagai tugas seperti administrasi, bisnis dan teknis.