Apakah air kelapa muda bisa menurunkan panas

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa tak kenal khasiat air kelapa? Air kelapa (Cocos nucifera) memiliki ragam manfaat untuk kesehatan juga kecantikan. 

Air kelapa mengandung beragam mineral yang baik untuk tubuh. Bahkan air kelapa disebut-sebut sebagai cairan terbaik ke dua setelah asi (air susu ibu). Sebab air kelapa muda mengandung anti bakteri, anti virus dan anti jamur yang sama dengan air susu ibu.

Selama ini, pada umumnya air kelapa digunakan sebagai obat pada seseorang yang keracunan. Mengobati cacingan, mengatasi beragam masalah pencernaan, hingga dipercaya mampu memecah batu ginjal. 

Orang yang menderita penyakit ginjal sebaiknya mengkonsumsi air kelapa muda selain resep dari dokter. Air kelapa akan melunakkan kerak atau lendir yang terbentuk dalam ginjal.

  Namun ternyata ada manfaat air kelapa yang tak diketahui oleh banyak orang. Dikutip dari www.besthealthmag.ca, air kelapa ternyata juga ampuh mengatasi demam tinggi.

Air kelapa merupakan minuman dengan tonik yang sangat baik bagi kesehatan.

Tonik atau tonikum adalah zat yang digunakan untuk mengembalikan kondisi normal jaringan atau untuk merangsang nafsu makan.

Tubuh harus terhidrasi dengan baik, apalagi bila kita sedang demam atau sakit. Saat sedang demam, tubuh akan banyak kehilangan cairan tubuh, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Jean-Jacques Dugoua, ND., ahli obat-obatan dan pengobatan herbal dari newtopia.com.

Agar cairan dalam tubuh seimbang, dibutuhkan elektrolit yang juga membantu menyeimbangkan cairan dalam darah.

“Air kelapa adalah sumber elektrolit alami terbaik,” jelas Dr. Dugoua.

Air kelapa hijau memilik lebih banyak kandungan tanin atau antidotum (antiracun) yang paling tinggi dibanding jenis kelapa lainnya. Pada air kelapa juga terdapat enzim yang bermanfaat untuk mengurai racun.

Minum air kelapa sehari-hari juga baik, karena bisa membantu tubuh terhidrasi dengan baik.(*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.

Reporter

Kamis, 19 Agustus 2021 08:50 WIB

Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com


TEMPO.CO, Jakarta - Air kelapa adalah minuman yang menyehatkan. Sejumlah orang menyarankan minum air kelapa muda saat kondisi tubuh sedang kurang fit atau demi menjaga daya tahan tubuh.

Ahli farmakologi Universitas Indonesia, Purwantyastuti menjelaskan khasiat utama air kelapa muda adalah mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. "Tubuh yang kekurangan cairan dengan sendirinya menjadi tidak sehat dan menimbulkan reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun," kata Purwantyastuti dalam keterangan tertulis pada Kamis, 19 Agustus 2021.

Jika orang yang sedang sakit mengkonsumsi air kelapa muda, otomatis cairan tubuhnya bertambah dan mendorong pemulihan. "Itu sebabnya banyak orang menghubungkan air kelapa dengan kekebalan atau daya tahan tubuh," ujarnya.

Dalam pengobatan tradisional, ada sebagian orang yang menyarankan minum air kelapa muda pada saat diare. Praktik ini, menurut dia, bisa tepat bila tujuannya mengganti cairan tubuh yang hilang. Begitu juga dengan anjuran minum air kelapa muda ketika demam.

Ilustrasi air kelapa. Shutterstock

"Salah satu cara menurunkan demam adalah rehidrasi atau mengembalikan cairan tubuh yang hilang," kata Purwantyastuti. "Jangan sampai orang yang sedang demam mengalami dehidrasi karena akan memperparah demam itu sendiri."

Air kelapa muda juga baik dikonsumsi setelah berolahraga guna menghidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga. Elektrolit adalah mineral yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan. Beberapa elektrolit vital antara lain kalium, magnesium, natrium, dan kalsium. Semua ini terkandung di dalam air kelapa muda.

Mengenai jumlah asupan air kelapa muda dalam sehari, Purwantyastuti mengatakan, tidak ada ketentuan atau dosis yang tepat. Tiada pula cara khusus atau metode yang paling tepat untuk minum air kelapa muda.

Yang penting, kata dia, jangan berlebihan dan tidak pula memenuhi seluruh kebutuhan air dalam sehari, yakni delapan sampai sepuluh gelas air dari air kelapa muda. "Selama tidak berlebihan, air kelapa tidak akan menimbulkan masalah kesehatan," ucap Purwantyastuti.

Baca juga:
Banyak Dicari untuk Obat Covid-19, Ini Bedanya Kelapa Hijau dan Kelapa Muda






Rekomendasi Berita

Sakit Tipes: Kenali 4 Penyebab dan 6 Gejala Tipes

9 jam lalu

Sakit Tipes: Kenali 4 Penyebab dan 6 Gejala Tipes

Sakit tipes adalah salah stau jenis penyakit yang kerap ditemukan di lingkungan sekitar.


Piala Dunia 2022: Mengapa Pemain Sepakbola Meludah di Lapangan?

11 jam lalu

Piala Dunia 2022: Mengapa Pemain Sepakbola Meludah di Lapangan?

Air liur di mulut mengental selama aktivitas fisik yang berat seperti pertandingan sepak bola, ternasuk di ajang Piala Dunia 2022 saat ini.


Inilah Cara Shakira Menjaga Tubuhnya Tetap Bugar di Usia 45

2 hari lalu

Inilah Cara Shakira Menjaga Tubuhnya Tetap Bugar di Usia 45

Shakira berolahraga enam hari seminggu dan banyak berlatih tari.


5 Cara Menemukan Kebahagiaan dalam Berolahraga

3 hari lalu

5 Cara Menemukan Kebahagiaan dalam Berolahraga

Bahkan jika Anda membencinya, ada baiknya mencari cara untuk belajar mencintai berolahraga


Cara Membuat Oralit, Minuman Pencegah Dehidrasi Pada Anak

4 hari lalu

Cara Membuat Oralit, Minuman Pencegah Dehidrasi Pada Anak

Oralit memiliki peran penting untuk mengatasi dehidrasi pada anak. Simak cara pembuatannya


Ketahui 4 Risiko Melakukan Sauna

4 hari lalu

Ketahui 4 Risiko Melakukan Sauna

Meski sauna telah terbukti dapat memberikan sejumlah manfaat untuk tubuh, namun terdapat pula beberapa risiko yang mesti diperhatikan.


Mandalika Kembali Jadi Tuan Rumah Event Sport Tourism, Kali Ini Kejuaraan Binaraga Dunia

5 hari lalu

Mandalika Kembali Jadi Tuan Rumah Event Sport Tourism, Kali Ini Kejuaraan Binaraga Dunia

Penyelenggaraan event ini menunjukkan bahwa nama dan potensi The Mandalika semakin dikenal dunia.


Masalah Kesehatan Akibat Terlalu Lama Duduk di Pesawat Terbang

5 hari lalu

Masalah Kesehatan Akibat Terlalu Lama Duduk di Pesawat Terbang

Terlalu lama berada di dalam pesawat terbang dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Berikut di antaranya.


Manfaat Metode Skin To Skin untuk Bayi dan Orang Tua

6 hari lalu

Manfaat Metode Skin To Skin untuk Bayi dan Orang Tua

Metode skin to skin dibutuhkan bayi karena perlu mendapat rangsangan dari luar untuk selama proses tumbuh kembang


5 Tanda Respons Kekebalan Tubuh Mulai Terganggu

6 hari lalu

5 Tanda Respons Kekebalan Tubuh Mulai Terganggu

Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah memiliki risiko infeksi lebih tinggi dibanding yang lain. Berikut gejala dan tanda kekebalan tubuh menurun.


Bolehkah anak demam dikasih minum air kelapa?

Lantas, Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Demam? Alih-alih memberikan air kelapa muda saat anak demam, sebaiknya cukupi kebutuhan air mineral dan juga kebutuhan istirahat Si Kecil saat mereka sakit. Pasalnya, saat anak demam mereka cenderung memiliki risiko dehidrasi atau kekurangan cairan yang lebih besar.

Jika demam minum apa?

Ketika demam, tubuh rentan mengalami dehidrasi, air dapat mengembalikan cairan yang hilang sekaligus menetralisir peningkatan suhu tubuh. Untuk memberikan kenyamanan, kamu disarankan untuk minum air hangat. Misalnya teh manis hangat atau air jahe yang bisa membantu mengembalikan vitalitas tubuh.

Air kelapa untuk obat apa saja?

Air kelapa atau dalam bahasa ilmiahnya Cocos Nucifera memiliki manfaat untuk tubuh, tidak hanya menyegarkan tenggorokan saja. Air kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan terutama bagi kaum perempuan. Air kelapa bisa mencegah muntah-muntah dan mengobati dehidrasi.

Bagaimana cara menurunkan demam dengan cepat?

Cara menurunkan demam pada orang dewasa.
Cukupi cairan tubuh. Minum air putih.( ... .
2. Beristirahat. Istirahat merupakan cara terbaik untuk meredakan gejala demam. ... .
Mandi air hangat. Merasa kedinginan merupakan salah satu akibat mandi malam sebelum tidur. ... .
Mendinginkan tubuh. ... .
Konsumsi obat herbal..

Buah apa yang bisa menurunkan demam?

Buah untuk menurunkan panas demam yang pertama adalah buah semangka. Semangka yang mengandung banyak air mampu membantu tubuh terhidrasi dengan baik serta membuat proses metabolisme lebih cepat. Dengan proses metabolisme yang baik dan cepat, hal ini juga dapat membantu menurunkan panas tubuh pada saat demam.

Apa Manfaat minum air kelapa Muda?

Manfaat air kelapa muda yang memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.