Apakah setelah memakai masker fair and lovely harus cuci muka

Parapuan.co - Sheet mask menjadi salah satu produk skincare yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan membuat kulit lebih segar.

Keunggulan lain dari sheet mask jika dibandingkan dengan jenis masker lainnya adalah mudah digunakan dan lebih praktis.

Kendati demikian, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan sheet mask.

Faktanya, jika salah dalam penggunaan sheet mask, manfaat yang terkandung di dalamnya bisa jadi tidak didapatkan secara optimal, loh.

Terdapat beberapa kesalahan yang sering kali kita lakukan saat menggunakan, apa saja?

Dilansir dari laman Beautiful.in, berikut hal yang perlu kamu hindari saat memakai sheet mask. 

Baca Juga: Efektif Mencerahkan Wajah Seketika, Simak Rekomendasi Tone Up Cream

1. Terlalu lama menggunakan sheet mask

Ada sebagian orang mengira bahwa dalam memakai sheet mask, perlu menunggu hingga kering untuk mendapatkan manfaatnya.

Padahal faktanya saat membiarkan sheet mask hingga mengering dapat menghilangkan kelembapan alami dan nutrisi pada kulit wajah. 

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan sheet mask sesuai dengan durasi yang dianjurkan pada kemasan. 

Umumnya, lama penggunaan sheet mask dianjurkan selama 15 hingga 20 menit.

2. Tidak melanjutkan tahapan skincare

Mungkin sebagian dari Kawan Puan berpikir pemakaian sheet mask sudah cukup dalam perawatan kulit sehingga tidak perlu memakai rangkaian perawatan wajah lainnya.

Padahal, penggunaan sheet mask saja tidak cukup untuk menjaga kulit tetap sehat.

Oleh karena itu, penting untuk melanjutkan rangkaian perawatan wajah, seperti menggunakan pelembap. 

Selain dapat membantu kulit wajah tetap kenyal dan terhidrasi, cara ini juga akan bantu mengunci manfaat dari sheet mask. 

3. Salah memilih sheet mask

Setiap sheet mask memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda, sehingga efek yang diberikan pada setiap jenis kulit tentu saja tidak sama. 

Karenanya, pastikan kamu sudah mempertimbangkan jenis dan kebutuhan kulit sebelum memilih sheet mask yang akan digunakan. 

Baca Juga: Dokter Kulit Menjawab Mitos Seputar Perawatan Kulit Anti Aging

4. Mencuci muka setelah memakai sheet mask

Setelah memakai sheet mask, biasanya kamu akan merasa kulit wajah tampak lengket dan tidak nyaman saat disentuh.

Namun, hal ini bukanlah suatu masalah yang perlu kamu khawatirkan, loh Kawan Puan.

Karena, kandungan serum yang terdapat sheet mask memiliki sejumlah bahan aktif yang baik untuk kulit.

Sementara, jika kamu mencuci muka setelah pemakaian sheet mask maka manfaatnya akan sia-sia. 

Untuk menghilangkan sensasi lengket setelah pemakaian sheet mask, kamu dapat memijatnya dengan face roller atau menepuk-nepuk secara perlahan, sehingga kandungan serum dapat meresap dengan baik.  

5. Tidak mempersiapkan wajah sebelumnya

Sebelum menggunakan sheet mask, penting bagi kamu untuk mempersiapkan kulit wajah dengan membersihkannya.

Cara ini akan membantu mengangkat kotoran yang menempel di lapisan atas kulit, sehingga kandungan sheet mask dapat menyerap ke dalam kulit. 

Lebih dari itu, dengan kondisi kulit bersih dapat memberikan hasil penggunaan sheet mask yang optimal.(*) 

Fimela.com, Jakarta Memiliki wajah yang cerah dan halus adalah dambaan seluruh perempuan. Sehingga banyak perempuan menghabiskan waktunya untuk melakukan perawatan wajah, baik perawatan di salon ataupun melakukan perawatan di rumah.

Salah satu perawatan wajah yang bisa dilakukan di rumah adalah masker wajah.  Masker wajah dapat dibuat menggunakan bahan-bahan alami, seperti alpukat, pisang, lemon, yogurt, susu, stroberi dan lain sebagainya.

Fungsi masker wajah bisa membuat kulit lebih lembut, lebih lembap, menghilangkan bekas jerawat, mencegah tanda-tanda penuaan dini dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat menggunakan masker, urutannya harus tepat saat mengaplikasikan masker. Berikut urutan memakai masker wajah dengan baik dan benar, dilansir dari Liputan6.com:

BACA JUGA

5 Masker Wajah Alami yang Bisa Dibuat di Rumah

3 Masker Alami untuk Mencerahkan Kulit Wajah

DIY Masker Kopi agar Rambut Hitam Sehat Alami

TERKAIT: How To: Cara Memakai Masker Putih Telur

TERKAIT: 5 Manfaat Masker Daun Mint untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Advertisement

1. Membersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Salah satu perawatan wajah yang bisa dilakukan di rumah adalah masker wajah.

Urutan pertama penggunaan masker wajah adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah seharian menggunakan makeup, bersihkan wajah dengan cara double cleansing, atau menggunakan cleansing oil lalu facial foam.

Membersihkan wajah ini bisa membantu mengangkat sisa riasan, debu dan kotoran yang ada di dalam pori-pori. Kalau pori-pori wajah bersih, maka kandungan masker dapat diserap secara maksimal.

2. Gunakan Air Hangat Untuk Menguapi Wajah

Salah satu perawatan wajah yang bisa dilakukan di rumah adalah masker wajah.

Kemudian setelah wajah dibersihkan, rebuslah air hangat untuk menguapi wajah. Kamu juga bisa membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu.

Hal ini bisa membantu membuka pori-pori wajah, agar nutrisi dan kandungan yang ada di dalam masker bisa diserap pori-pori. Menguapi wajah dengan uap air hangat, juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, mengeluarkan kotoran serta minyak yang tersumbat dalam pori-pori.

Advertisement

3. Menggunakan Alat yang Tepat

Salah satu perawatan wajah yang bisa dilakukan di rumah adalah masker wajah.

Saat mengaplikasikan masker ke kulit wajah, gunakan alat yang tepat seperti kuas lembut yang khusus untuk masker, yang berfungsi untuk membuat masker wajah lebih rata dan membantu membuat masker meresap ke dalam kulit.

Hindari menggunakan tangan saat mengaplikasikan masker. Karena tangan kita sering memegang banyak barang dan terdapat banyak kotoran serta bakteri. Jangan lupa untuk mencuci kuas masker setelah di gunakan dan keringkan dengan benar.

4. Cuci Wajah dengan Air Hangat

Salah satu perawatan wajah yang bisa dilakukan di rumah adalah masker wajah.

Biasanya setelah mengaplikasikan masker wajah, masker akan didiamkan selama kurang lebih 30 menit. Maka tekstur masker akan lebih kering dan susah untuk diangkat.

Setelah masker wajah kering, angkatlah masker tersebut dengan air hangat untuk melunturkan masker yang menempel. Karena jika menggunakan air dingin, masker tersebut akan sangat susah untuk diangat, lalu membuat kulit wajah menjadi iritasi dan kemerahan.

Air dingin dapat digunakan jika sudah tidak ada masker yang menempel di wajah. Sehingga setelah membilas masker dengan air hangat, bilaslah wajahmu dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Advertisement

5. Menggunakan Basic Skincare

Salah satu perawatan wajah yang bisa dilakukan di rumah adalah masker wajah.

Urutan terakhir setelah menggunakan masker, yaitu menggunakan basic skincare. Urutan yang pertama adalah menggunakan toner, untuk membantu menyegarkan kulit wajah dan menghidrasi kulit.

Setelah menggunakan toner, gunakan pelembap yang memiliki fungsi untuk melembapkan. Yang terakhir adalah menggunakan tabir surya, untuk melindungi lapisan kulit dari paparan sinar matahari.

Setelah menggunakan masker, hindari produk skincare yang memiliki kandungan bahan aktif, apalagi yang fungsinya untuk mengeksfoliasi kulit. Agar kulit wajah tidak iritasi dan skin barrier tidak rusak.

Apakah setelah menggunakan sheet mask harus cuci muka?

Bukan seperti clay mask, sheet mask tidak perlu dibilas. Sebab, pembersihan hanya dapat membuat pemakaian sheet mask menjadi sia-sia. Oleh karena itu jangan langsung dibersihkan atau dibilas.

Setelah memakai sheet mask apa yang harus dilakukan?

6 Urutan Skincare Saat Memakai Sheet Mask.
Mencuci wajah terlebih dahulu. Sehabis kegiatan seharian, yakinkan kalian cuci bersih wajah. ... .
Pakai toner. Sehabis wajah telah bersih, urutan skincare selanjutnya merupakan mengenakan toner. ... .
Pakai essence. ... .
Gunakan serum..

Habis maskeran apa boleh cuci muka?

Tidak perlu mencuci muka setelah menggunakan masker Berbeda dengan clay mask, sheet mask memiliki fungsi melembabkan kulit. Sheet mask yang direndam dalam serum atau essence yang melembabkan kulit. Anda tidak perlu mencuci muka dengan sabun untuk menghilangkan sisa masker dari wajah Anda dengan air atau tisu.

Apakah masker fair and lovely bisa dipakai berapa kali?

Sebaiknya krim dan Facial Foam Fair and Lovely digunakan 2 kali sehari pada wajah yang telah dibersihkan. Waktu pemakaian bisa pagi dan siang/sore.