Berikut yang termasuk usaha pemerintah kolonial Belanda untuk

Berikut yang termasuk usaha Pemerintah Kolonial Belanda untuk mencegah perkembangan Taman Siswa adalah ....

   A.   menutup Taman Siswa dan sekolah-sekolah swasta lainnya

   B.    mengeluarkan Undang-Undang sekolah liar pada tahun 1932

   C.    mengawasi gerak gerik guru-guru tersebut

   D.   melarang guru-guru mengajar

Pembahasan:

Ordonansi Sekolah Liar adalah sistem yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1932−1933 yang dilatarbelakangi ketidakmampuan pemerintah Hindia Belanda dalam menaggulangi pembiayaan seluruh sekolah yang ada. Kondisi ini terpaksa membuat pemerintah Hindia Belanda mengurangi sekolah yang ada dan membuat rakyat berhenti sekolah, dan banyak anak telantar pendidikannya

Jawaban: B

----------------#----------------

Jangan lupa komentar & sarannya

Email:

Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Newer Posts Older Posts

muhammadkhelvin2 muhammadkhelvin2

Jawaban:

a,menutup taman siswa & sekolah swasta lainya

Jawaban:

a. menutup taman Siswa dan sekolah swasta lainnya

Penjelasan:

maaf kalo salah

Pada 1932 pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan peraturan baru: Wildeschoolen Ordonantie (Ordonansi Sekolah Liar). Dalam ordonansi ini, seseorang atau lembaga yang bermaksud menyelenggarakan pendidikan harus  seizin pemerintah. Pemerintah dapat mencabut izin apabila terbukti melanggar ketentuan-ketentuan yang ditetapkan.

Bukan hanya bagi sekolah, ordonansi ini juga mengatur urusan guru. Para pengajar diharuskan untuk membuat laporan kepada penguasa setempat. Apabila melanggar, maka akan dikenakan hukuman penjara selama delapan hari atau denda 25 gulden. Mereka juga dapat dikenakan hukuman selama satu bulan atau denda sebesar 100 gulden apabila yang bersangkutan tetap melakukan kegiatan mengajar.

Dengan demikian, usaha pemerintah Belanda untuk mencegah perkembangan Taman Siswa Wildeschoolen Ordonantie (Ordonansi Sekolah Liar).