Cara membagi layar Laptop menjadi 3

Jakarta -Split Screen merupakan salah satu fitur yang banyak tersedia di beberapa sistem operasi, salah satunya Windows. Fitur ini memungkinkan kalian membuka beberapa aplikasi, tab, atau web browser secara bersamaan dengan cara membagi layar.

Cara membagi layar laptop menjadi 2 sangat cocok bagi kalian yang kerap berganti-ganti tab aplikasi. Hal ini menguntungkan kalian dalam segi efisiensi waktu. Jika sebelumnya kalian belum mengetahui cara ini, mungkin kalian masih menggunakan cara lama yang terkesan rumit dan memakan waktu.

Dengan menggunakan cara membagi layar laptop menjadi 2, kalian bisa melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan. Namun, ada hal yang harus kalian korbankan jika ingin menggunakan fitur ini. Salah satunya adalah format tulisan di dalam tab yang menjadi lebih kecil.

Sumber : https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-6442560/3-cara-membagi-layar-laptop-menjadi-2-di-windows-10?single=1

Gadgetren – Membagi layar komputer menjadi beberapa bagian dapat menjadi cara ampuh untuk menyelesaikan berbagai macam aktivitas yang membutuhkan akses ke dua aplikasi atau lebih secara bersamaan.

Saya sendiri yang notabene bergantung pada beberapa aplikasi saat menulis cukup bersyukur fitur dengan fungsi tersebut meluncur ke Microsoft Windows 10 sehingga tidak perlu membukanya bergantian.

Misalnya saat mengetik sebuah artikel, saya bisa membaca bahan yang berhasil diperoleh pada peramban sembari merangkai tulisannya ke pengedit teks seperti Microsoft Word atau Google Docs secara langsung.

Menggunakan fitur pembagi tampilan atau disebut juga dengan “Snap” pada Windows 10 pun tak memerlukan pengaturan khusus dan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Para pengguna pun bahkan bisa menggunakannya untuk semua versi yang beredar sekarang ini.

Jika belum bisa menggunakannya, maka kamu berada di artikel yang tepat. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengulas beberapa cara yang bisa digunakan untuk memakai fitur tersebut untuk membagi layar hingga empat bagian.

Baca Juga:

  • 4 Cara Screenshot di Windows Laptop Atau PC Untuk Tangkap Tampilan Layar

  • Cara Set Saluran WiFi di Komputer Windows Hanya 5GHz atau Lainnya

  • Cara Meredupkan Tingkat Kecerahan Layar di Komputer Windows 10, MacOS, dan Linux

Namun supaya bisa mengikuti dengan langkah-langkah yang tak jauh berbeda, ada baiknya untuk memasang pembaruan terakhir dari Windows 10 yang terpasang di perangkatmu. Apabila sudah, kamu bisa mengikuti langkah berikut.

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi Dua Bagian di Microsoft Windows 10

Menggunakan Kursor

  1. Buka aplikasi yang ingin disematkan di layar
  2. Arahkan kursor ke bagian title bar (baris atas yang sejajar dengan tombol minimize dan close) dari aplikasi tersebut
  3. Klik dan tahan pada mouse atau touchpad
  4. Tarik aplikasi ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhan hingga ukurannya menjadi separuh layar

Selain menarik aplikasi ke kanan atau ke kiri, kamu juga bisa mengarahkannya ke sudut-sudut layar jika ingin membagi tampilan komputer menjadi empat bagian. Hanya saja jika ukuran layar kecil, sangat tidak saya sarankan untuk membaginya menjadi empat.

Setelah berhasil menyematkan aplikasi ke salah satu bagian, kamu selanjutnya bisa menempelkan aplikasi lain ke sisi berbeda. Yang mana dalam hal ini, kamu dapat menggunakan cara yang sama atau memakai fitur Snap Assist yang tertanam secara mendasar pada Windows 10.

Menggunakan Snap Assist

  1. Buka semua aplikasi yang ingin disematkan
  2. Sematkan salah satu aplikasi pada sisi tertentu dengan menggunakan cara sebelumnya
  3. Jika berhasil, nantinya akan muncul beberapa thumbnail aplikasi lainnya
  4. Klik thumbnail dari aplikasi yang ingin disematkan selanjutnya

Snap Assist merupakan fitur pembantu yang akan muncul saat pengguna berhasil menyematkan sebuah aplikasi ke sisi tertentu di tampilan layar komputer jika masih ada ruang yang masih bisa digunakan.

Dengan hadirnya fitur ini, seluruh aplikasi yang terbuka di komputer akan menjadi thumbnail untuk menjalankannya di sisi lain sehingga kamu tak perlu mengulang langkah yang sama berulang kali untuk membagi layar.

Fitur pembagi layar di Windows 10 menariknya tak hanya mendukung pengoperasian menggunakan kursor. Jika mouse atau touchpad di komputer sedang eror, kamu pun bisa memakai pintasan tombol keyboard untuk mengaturnya.

Menggunakan Keyboard

  1. Jalankan jendela aplikasi yang akan disematkan di layar
  2. Klik tombol Windows + Arah secara bersamaan untuk menyesuaikan letak jendela aplikasi
  3. Ulangi pada aplikasi yang ingin dipasang selanjutnya atau gunakan fitur Snap Assist jika tersedia

Pada dasarnya, menggunakan pintasan tombol keyboard untuk mengatur tampilan layar komputer menjadi beberapa bagian sama seperti metode sebelumnya. Kamu dapat mengarahkan letak jendela aplikasi ke lokasi yang diinginkan dengan menekan tombol Windows + Arah yang sesuai.

Sebagai contohnya, kamu bisa menekan tombol Windows + Arah Kanan kemudian Windows + Arah Atas untuk menggeser aplikasi ke pojok kanan atas layar dan membagi tampilan menjadi empat bagian.

Yang tak kalah menarik, kamu juga bisa menyesuaikan ukuran jendela aplikasi dengan menarik pembatas yang terletak ditengah-tengahnya. Secara lebih rinci, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut jika ingin mengaturnya.

Mengatur Ukuran Jendela Aplikasi di Fitur Snap

  1. Ketika layar sudah terbagi menjadi dua bagian, arahkan kursor ke garis tengah
  2. Setelah kursor berubah menjadi ikon panah dua sisi, klik lalu tahan
  3. Tarik garis ke arah kanan atau kiri sesuai dengan kebutuhan

Kamu dalam hal ini bisa menarik garis ke kanan untuk memperluas tampilan jendela aplikasi sebelah kiri. Sebaliknya, kamu dapat menggesernya ke kiri jika ingin memperlebar bagian kanan.

Ukuran jendela dari kedua aplikasi secara umum akan berubah mengikuti garis tersebut. Hanya saja berdasarkan pengalaman saya, hal tersebut bisa saja tidak berlaku pada beberapa jenis aplikasi.

Selain itu, kamu pun tidak bisa memanfaatkannya untuk mengubah ukuran secara otomatis jika layar terbagi menjadi empat bagian. Sehingga saat memerlukannya, kamu harus mengatur jendela aplikasi satu per satu.

Menampilkan beberapa jendela aplikasi dalam satu layar juga bisa dilakukan dengan menggunakan fitur FancyZones, yakni salah satu dukungan yang dibawa oleh set perlengkapan Microsoft PowerToys.

Menggunakan Fitur FancyZones dari Microsoft PowerToys

  1. Unduh dan pasang .NET Core 3.1.13 Desktop Runtime jika belum pernah melakukannya
  2. Kunjungi halaman unduhan PowerToys
  3. Pilih versi yang stabil
  4. Cari bagian Assets
  5. Klik tanda panah ke bawah jika pilihan di dalamnya belum muncul
  6. Ketuk PowerToysSetup-x.xx.x-x64.exe untuk mengunduh berkas pemasangan
  7. Jalankan berkas setelah berhasil diunduh
  8. Ikuti layar pemasangan
  9. Setelah berhasil terpasang dan halaman Get Started terbuka, pilih FancyZones
  10. Klik Settings
  11. Pastikan tombol geser pada opsi Enable FancyZones
  12. Ketuk tombol Launch layout editor untuk mengubah tata letak pembagian layar
  13. Pilih tata letak yang diinginkan lalu klik Edit (ikon pensil) jika ingin mengatur jumlah kolom dan jarak di antaranya
  14. Jangan lupa tekan tombol Save untuk menyimpan pengaturan
  15. Klik Close (ikon silang) jika sudah selesai
  16. Untuk menggunakan FancyZones, tekan tombol Shift saat menyeret tittle bar
  17. Tempatkan jendela aplikasi pada bagian yang diinginkan

FancyZones merupakan salah satu utilitas yang bisa digunakan untuk mengubah dan mengatur tata letak jendela aplikasi supaya menjadi lebih efisien dan kamu pun dapat bekerja dengan lebih cepat.

Utilitas tambahan dari Microsoft ini memungkinkan kamu untuk menentukan set pembagian layar sejak awal. Pada saat digunakan, aplikasi yang ditarik ke salah satu bagian akan berubah sesuai dengan ukuran kolom yang dituju.

FancyZones sendiri adalah bagian dari PowerToys, yaitu seperangkat peralatan tambahan yang bisa membantu para pengguna untuk menyederhanakan dan menyesuaikan pengalaman dalam menggunakan Windows 10 agar produktivitasnya meningkat.

Tak hanya FancyZones, PowerToys juga mempunyai beberapa perlengkapan menarik seperti ColorPicker, File Explorer add-ons, Image Resizer, Keyboard Manager, PowerRename, dan PowerToys Run yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

Meskipun sangat bermanfaat, PowerToys sayangnya belum terdistribusi sebagai fitur dasar Windows 10 dan masih dikembangkan. Para pengguna pun perlu memasang Windows 10 versi terbaru supaya dapat menggunakannya.

Ditambah lagi PowerToys baru mendukung secara penuh arsitektur x64. Sementara untuk x86 dan ARM masih dikembangkan dan mempunyai sejumlah bug yang perlu diperbaiki agar dapat digunakan secara lebih nyaman.

Dengan menggunakan beberapa cara di atas, para pengguna komputer Windows 10 tentu dapat bekerja dengan lebih efisien dan menyelesaikan pekerjaan tanpa ribet berganti-ganti dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Bagaimana cara split screen di laptop?

3. Cara membagi layar laptop menjadi 2 di Windows 10 lewat Shortcut.
Buka dua jendela pada layar..
Klik kombinasi shortcut keyboard seperti Windows + panah kanan..
Buka layar jendela lainnya..
Klik kombinasi shortcut keyboard kembali dengan Windows + panah kiri..

Bagaimana cara split screen?

Untuk mengaktifkan fitur Split Screen, cukup ketuk ikon aplikasi di atas kartu pratinjau aplikasi – sebuah menu kecil akan muncul di mana Anda dapat memilih Split Screen . Kemudian pilih aplikasi kedua dan layar akan dibagi antara dua aplikasi ini.

Kenapa layar laptop terbagi menjadi 2?

Membagi layar laptop jadi 2 atau biasa disebut split screen adalah cara terbaik untuk bekerja secara multitasking. Saat layar menampilkan dua halaman aplikasi, Anda bisa gunakan keduanya secara bersamaan. Dengan fitur Split Screen Anda tidak perlu membuka aplikasi secara bergantian. Jadi lebih hemat waktu dan tenaga.

Bagaimana cara layar belah di HP?

Menggunakan dua aplikasi sekaligus ("layar terpisah").
Geser ke atas dari bagian bawah layar..
Buka aplikasi yang Anda inginkan..
Dari bagian bawah layar, geser ke atas, tahan, lalu lepaskan..
Sentuh lama ikon aplikasi yang diinginkan..
Ketuk Layar terpisah..
Anda akan melihat dua layar. Di layar kedua, ketuk aplikasi lain..