Cara membuat aplikasi administrasi sekolah dengan Excel

Aplikasi administrasi sekolah – Sebelum munculnya teknologi informasi, administrasi sekolah di lakukan secara manual. Data administrasi sekolah di catat dalam buku fisik dan jurnal yang di simpan dalam penyimpanan file penting sekolah. Namun kini, dengan kemajuan teknologi, pengelolaan administrasi sekolah dapat di lakukan secara digital melalui aplikasi administrasi sekolah.

Penerapan teknologi dalam administrasi sekolah dapat di manfaatkan oleh berbagai jenjang pendidikan seperti SD, SMP, SMA dan SMK serta Madrasah. Aplikasi admin ini umumnya berbasis excel yang dapat anda gunakan secara offline dan download secara gratis. Sedangkan untuk mengelola administrasi online telah tersedia aplikasi berbasis web.

Beberapa pengembang membuat perangkat lunak ini dengan html, php, c # dan platform lain yang dapat Anda unduh kode sumbernya di github, forum pengembang perangkat lunak, dan situs web pribadi yang bersangkutan.

Apa Itu Administrasi Sekolah?

Administrasi sekolah merupakan salah satu hal yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Di perlukan manajemen administrasi yang baik dalam suatu unit pengajaran. Sebab, jika satuan pendidikan di kelola dengan baik, maka akan memberikan pelayanan kepada pihak terkait dan juga menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Faktor penting yang sangat mempengaruhi pengelolaan administrasi yang baik adalah ketepatan, ketepatan dan kecepatan dalam menyajikan data atau informasi yang ada atau di butuhkan. Dulu, pengelolaan administrasi masih menggunakan model tenaga kerja manual, sehingga data masih tertulis di buku dan berkas masih tersimpan di tempat penyimpanan berkas dokumen penting sekolah.

Kini pengelola sekolah tidak perlu lagi khawatir, dengan penerapan dan perkembangan teknologi ini sangat bermanfaat bagi administrasi sekolah di semua jenjang, mulai dari satuan pendidikan tingkat dasar hingga satuan pendidikan tingkat menengah (SD, SMP, SMA dan SMK) atau madrasah.

Rekomendasi Aplikasi Administrasi Sekolah

Aplikasi administrasi sekolah adalah suatu sistem atau aplikasi atau perangkat lunak yang di kembangkan untuk membantu pengelola sekolah dalam melaksanakan atau melakukan seluruh pengelolaan kegiatan sekolah baik dari segi pengendalian, pengelolaan dan pengaturan dengan berbagai cara untuk mencapai dan melaksanakan tujuan dari sekolah.

Kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi administrasi sekolah  yang dapat membantu administrator sekolah dalam mengelola administrasi sekolah dengan penjelasan untuk setiap aplikasi. Berikut ulasannya.

Fedena

Aplikasi Fedena adalah aplikasi atau sistem atau software yang membantu mengelola manajemen sekolah secara GRATIS dan bersifat open source. Aplikasi Fedena ini memiliki banyak fitur yang membantu dalam pengolahan data, sehingga tidak hanya sekedar memberikan informasi kepada siswa. Aplikasi Fedena ini memiliki kelebihan yang berbeda dari aplikasi sebelumnya.

Kelebihan dari aplikasi Fedena adalah tidak adanya batasan kapasitas jumlah administrator dan siswa yang login atau mengakses sistem, serta tidak membatasi jumlah dan jenis mata pelajaran. Setiap unit pengajaran yang menggunakan aplikasi Fedena dapat menyesuaikan kode yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan mereka karena aplikasi ini menggunakan Ruby on Rail.

Sistem yang ada di aplikasi Fedena meliputi sumber daya manusia, ujian, financial atau keuangan, login siswa dan login orang tua. Namun, aplikasi Fedena juga memiliki kekurangan. Titik lemah dari aplikasi Fedena adalah fungsionalitas terbatas yang tersedia dalam versi open source. Jika Anda menginginkan versi yang lebih lengkap, Anda perlu mengunjungi halaman atau aplikasi Fedana versi berbayar.

Halaman Selanjutnya

Fekara

Halaman: 1 2 3

Advertisements

Download Aplikasi Administrasi Guru Dengan Excel

Download Aplikasi Administrasi Guru Dengan Excel – Anda pasti setuju bahwa kemajuan teknologi sangat membantu dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah pada kesempatan ini kami akan membagikan manfaat kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan. Bagi Anda yang berprofesi sebagai guru, pastikan Anda unduh aplikasi admin guru dengan Excel disini.

LINK DOWNLOAD APLIKASI ADMINISTRASI GURU DENGAN EXCEL BURUAN DOWNLAD: LEWAT SINI

Selain mengajar di kelas, seorang guru juga memiliki tugas lain yang tidak kalah pentingnya. Ya, guru harus juga mengerjakan tugas administrasi. Hal-hal yang berhubungan dengan administrasi guru ini ternyata cukup banyak. Mulai dari data yang berhubungan dengan kegiatan di ruang kelas, perencanaan materi dan program sekolah, hingga penilaian.

Pada umumnya, tugas administrasi guru ini dikerjakan secara manual menggunakan kertas dan pulpen. Namun seiring dengan perkembangan jaman, banyak guru yang sekarang menggunakan bantuan software dalam mengerjakan tugas administrasi guru ini baik guru SD, SMP, SLTP, SMA, SLTA, SMK, dll.

Ada berbagai macam kelebihan yang didapatkan jika guru-guru menggunakan aplikasi ini. Diantaranya adalah hasilnya akan lebih rapi, meminimalisir penggunaan kertas, menghemat biaya pengeluaran untuk membeli buku administrasi, mudah untuk membuat laporan baik dalam bentuk tabel hingga grafik, bisa dikirimkan menggunakan email, dll.

SEGERA DOWNLOAD APLIKASI ADMINISTRASI GURU DENGAN EXCEL UNTUK SD, SLTP, SLTA DAN SMK: LEWAT SINI

Karena berbagai kelebihan itulah maka saat ini sudah banyak guru yang menggunakan app administrasi guru. Dan saat ini yang banyak dipakai adalah aplikasi berbasis Microsoft Excel. Selain mudah digunakan, Microsoft Excel sendiri pada umumnya sudah langsung terinstal didalam laptop. Sehingga Anda tidak perlu menginstall program lain lagi.

Dalam aplikasi administrasi ini dengan Excel yang akan kami bagikan ini, Anda akan dapat memperoleh berbagai fitur yang dapat menunjang kinerja Anda sebagai seorang guru dalam mengerjakan tugas-tugas administrasi sekolah. Diantaranya:

  • Kalender Pendidikan
  • Absen Siswa
  • Rekap Absen
  • Nilai Tugas
  • Nilai Ulangan Harian
  • Nilai Efektif
  • AB Soal
  • Koreksi UTS
  • Nilai Raport
  • Analisis dan Remidasi
  • Silabus
  • Jurnal
  • Cover Jadwal Pelajaran
  • Rencana Pembelajaran (RPP)
  • Program Semester (Promes)
  • Program Tahunan (Prota)
  • Data Utama
  • Data Isian
  • KKM
  • Analisis Pencapaian Target Kurikulum dan Daya Serap

Nah semuanya itu akan Anda dapatkan dalam sekali download. Pastikan Anda menggunakan aplikasi tersebut dengan bijaksana. Anda juga bisa mengubah fungsi-fungsi di dalam aplikasi Excel tersebut jika dirasa kurang sesuai dengan tugas yang sedang Anda kerjakan. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan kinerja para guru lebih efektif dan optimal.

Demikianlah ulasan kami tentang aplikasi administrasi guru dengan Excel. Anda dapat mengunduh atau download aplikasi ini melalui arahan link download yang sudah kami sertakan di atas. Langsung saja Anda download file nya lalu gunakan untuk membantu menyelesaikan tugas dan pekerjaan Anda. Semoga aplikasi tersebut dapat memberikan manfaat. Terimakasih.

Baca juga : Aplikasi Raport K13 SMP Kemendikbud Terbaru FULL GRATIS