Lebih mudah bahasa Perancis atau Spanyol

Jakarta, CNN Indonesia -- Tingkat kesulitan mempelajari sebuah bahasa itu berbeda setiap orangnya. Belajar bahasa lain yang sangat berbeda dari bahasa ibu merupakan tantangan tersendiri untuk Anda.

Kesulitan terbesar dari belajar bahasa asing adalah adanya perbedaan latar belakang linguistik, cara pengucapan, dan cara membaca. Dirangkum dari ehow, berikut beberapa bahasa yang paling mudah dipelajari, sesuai dengan lidah bahasa asli masing-masing negara.

(Baca juga: 5 Bahasa Tersulit di Dunia)

1. Lidah Inggris

Untuk orang yang tinggal di wilayah negara yang terbiasa berbahasa Inggris, umumnya lebih mudah mempelajari bahasa Spanyol dan Italia.

Hal ini disebabkan, bahasa tersebut memiliki tingkat kemiripan tinggi dengan bahasa Inggris. Selain itu, struktur tata bahasa Spanyol dan Italia juga terbilang mudah dan relatif sederhana untuk kaum pengucap bahasa Inggris.

Bahasa Italia dan Spanyol juga memiliki ejaan yang mudah berdasar fonetik, sehingga memudahkan mereka untuk membaca dan menulisnya. Bahasa Jerman, Perancis, dan Portugis juga tergolong mudah dikuasai oleh orang Inggris karena memiliki kemiripan yang tinggi dengan bahasa Inggris.

2. Lidah Denmark, Norwegia dan Swedia

Meskipun bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa yang paling mudah untuk sebagian besar orang Eropa untuk dipelajari, hal ini nampaknya tak terjadi untuk bangsa Skandinavia.

Untuk kaum Skandinavia, bahasa Jerman dan Belanda adalah bahasa yang jauh lebih mudah dipelajari daripada bahasa Inggris. Bahasa Jerman dan Belanda memiliki kemiripan dengan bahasa asli mereka. Kesamaan kosakata, tata bahasa membuat mereka lebih cepat dan mudah belajar bahasa tersebut.

3. Lidah masyarakat berlatar belakang non Eropa

Untuk orang-orang non Eropa, bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang paling mudah dipelajari. Eksposur yang tinggi terhadap bahasa yang diklaim universal ini lewat industri film, media, pariwisata, dan tempat kursus menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Bahasa Inggris kini juga jadi salah satu bahasa wajib yang diajarkan di sekolah sejak usia dini.

4. Lidah asli Tiongkok dan Jepang

Semua bahasa dari benua Eropa sangat berbeda dengan Tiongkok dan Jepang. Dengan perbedaan yang terlalu jauh ini, kedua bangsa tersebut akhirnya kesulitan untuk belajar bahasa dari Eropa sebagai bahasa kedua mereka. Meski demikian, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang mudah dipelajari oleh anak-anak sekolah di kedua negara tersebut.

Bahasa dengan dialek Asia Timur lokal lainnya merupakan bahasa yang mudah mereka kuasai.

5. Lidah asli Eropa Tengah dan Timur

Kroasia, Serbia, dan Bulgaria dianggap sebagai sebuah bahasa yang memiliki konstruksi ejaan yang sempurna. Hal ini membuat mereka jadi lebih mudah untuk belajar berbagai bahasa asing lainnya. Selain bahasa ibu, bahasa Inggris menjadi bahasa termudah kedua untuk bangsa ini.

Sonora.ID - Inilah bahasa termudah di dunia yang paling cocok dipelajari. Kira-kira kalau kamu mau coba belajar yang mana?

Kemampuan bahasa asing menjadi salah satu skill penting di zaman yang serba modern seperti saat ini.

Terlebih jika kamu adalah seorang pencari kerja atau ingin meningkatkan karir di bidang tertentu.

Banyak perusahaan mulai melirik para pelamar yang punya kemampuan bahasa asing lain selain bahasa Inggris.

Misalnya saja bahasa Mandarin, bahasa Arab atau bahasa Korea dan Jepang.

Kemampuan ini sangat dibutuhkan apalagi jika perusahaan punya klien-klien penting dari negara-negara dengan penutur selain bahasa Inggris.

Kamu pun bisa dapat kenalan atau bahkan memperluas koneksi di luar negeri. Keren kan?

Memang tak semua bahasa mudah dipelajari. Ada yang membutuhkan waktu lebih lama sampai bisa jago berbicara dan memahami bahasa tersebut.

Namun jangan berkecil hati. Ada juga bahasa asing yang mudah dipelajari, terlebih jika kamu sudah menguasai bahasa Inggris sangat baik.

Berikut bahasa termudah di dunia yang bisa dipelajari jika kamu pandai berbahasa Inggris. Simak ulasannya dilansir dari Story Learning berikut ini.

Baca Juga: Inilah 8 Agama Tertua di Dunia, Kira-kira Agama Islam dan Kristen Masuk Nggak Ya?

1.Bahasa Prancis

Bahasa Prancis adalah bahasa termudah yang bisa dipelajari oleh penutur bahasa Inggris.

Hal ini karena selama hampir 1.000 tahun, bahasa Prancis sangat mempengaruhi bahasa Inggris. Dan diperkirakan hampir sepertiga kosa kata bahasa Inggris berasal dari bahasa Prancis.

2.Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol juga termasuk yang mudah dipelajari bagi orang yang sudah menguasai bahasa Inggris.

Bahasa Spanyol mudah diucapkan. Tata bahasa dasar bahasa ini juga tidak terlalu rumit.

Karena sangat populer, kamu dapat dengan mudah menemukan penutur asli Spanyol saat ingin berlatih berbicara dengan lancar.

3. Bahasa Italia

Seperti bahasa Prancis dan Spanyol, bahasa Italia termasuk dalam rumpun bahasa Roman.

Karena itulah bahasa ini termudah di dunia untuk dipelajari oleh penutur bahasa Inggris.

Bahasa Italia memiliki tata bahasa yang simple. Terlebih karena cukup populer, kamu akan dengan mudah mempelajarinya.

4.Bahasa Portugis

Bahasa Portugis juga termasuk dalam rumpun bahasa Roman. Seperti ketiga bahasa di atas, bahasa Portugis lebih mudah dipelajari oleh penutur bahasa Inggris.

Sekilas bahasa Portugis terlihat mirip dengan bahasa Spanyol. Tetapi ketika mendengarnya, ada yang mengatakan bahasa Portugis terdengar lebih seperti bahasa Rusia.

Pengucapan bahasa Portugis juga tidak terlalu sulit untuk dikuasai. Dan tata bahasanya tidak lebih sulit daripada bahasa Spanyol atau Italia.

5.Bahasa Rumania

Bahasa Rumania terkait erat dengan bahasa Prancis, Spanyol, Italia, dan Portugis. Dan seperti bahasa saudaranya, itu tidak sulit untuk dikuasai.

Jika kamu mengetahui sedikit salah satu kata dari bahasa Prancis, Spanyol dan Italia, kamu akan menemukan kemiripan.

Sebagai contoh kata roti dalam bahasa Prancis, Spanyol, dan Italia adalah pain, pan, dan pane. Adapun dalam bahasa Rumania yaitu pâine. Hampir mirip kan?

Baca Juga: WOW! Ini 7 Presiden Tertampan di Dunia, Pesona Wajahnya Bikin Rakyat Jatuh Cinta!

6.Bahasa Belanda

Bahasa Belanda dan Inggris termasuk dalam satu rumpun bahasa yang sama.

Cukup banyak kata yang sama dalam dua bahasa ini.

Sistem tata bahasa yang tidak terlalu ribet membuat banyak ahli berpendapat jika bahasa Belanda adalah bahasa termudah di dunia jika sudah menguasai bahasa Inggris

7.Bahasa Jerman

Seperti rumpun bahasa Jermanik Barat lainnya, bahasa Jerman juga terkait dengan bahasa Inggris.

Bahasa Jerman terkenal dengan tata bahasanya yang sedikit rumit. Namun ada juga beberapa kata yang mudah diucapkan oleh penutur bahasa Inggris.

8.Bahasa Swedia

Bahasa Swedia termasuk dalam rumpun bahasa Jermanik Utara.

Bahasa ini memiliki struktur kalimat subjek-kata kerja-objek yang sama dengan bahasa Inggris. Tak heran jika bahasa ini termasuk yang termudah di dunia untuk dipelajari jika sudah menguasai bahasa Inggris.

Namun pelafalan bahasa Swedia agak lebih rumit. Kata-kata dapat memiliki arti yang berbeda tergantung pada intonasinya.

9.Bahasa Denmark

Bahasa Denmark sangat mirip dengan bahasa Swedia, dengan kosakata dan tata bahasa yang mirip.

Dan merupakan bahasa lain yang mudah bagi penutur bahasa Inggris.

10.Bahasa Norwegia

Bahasa Norwegia dan bahasa Inggris memiliki banyak susunan kalimat dan penggunaan kata yang sama.

Kata kerja khususnya memiliki bentuk yang sederhana tanpa perubahan kata kerja berdasarkan jumlah atau orang.

Kamu hanya perlu menambahkan akhiran -e untuk kalimat masa lampau dan akhiran -s untuk kata kerja pasif.

Demikian beberapa bahasa termudah di dunia yang bisa dipelajari bagi yang sudah menguasai bahasa Inggris. Jadi mau coba belajar yang mana duluan?

Video Pilihan

Mengapa bahasa Spanyol Mudah?

Bahasa Spanyol Bisa Menjadi Bahasa yang Mudah Dipelajari Itu karena lebih dari setengah kata bahasa Inggris berasal dari bahasa Latin atau Prancis. Karena sebagian besar kata dalam bahasa Spanyol berasal dari bahasa Latin juga, ini berarti ada tingkat kemiripan leksikal yang tinggi dibandingkan dengan bahasa lain.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar bahasa Spanyol?

Tetapi sebagai tolak ukur, lembaga bahasa Asing memperkirakan bahwa belajar bahasa Spanyol membutuhkan waktu antara 575-600 jam pelajaran, atau 23-24 minggu, untuk mencapai kemahiran umum. Anda bisa belajar bahasa Spanyol dengan cepat, sama seperti Anda bisa belajar bahasa Spanyol secara perlahan.

Orang perancis pake bahasa apa?

Bahasa resmi Prancis adalah bahasa Prancis, dituturkan oleh sekitar 300 juta orang di seluruh dunia.

Apakah bahasa Perancis penting?

Bahasa Perancis tidak diragukan lagi adalah salah satu bahasa terpopuler di dunia. Bahkan bahasa Perancis adalah bahasa resmi Palang Merah Internasional dan juga salah satu dari dua bahasa resmi di Olimpiade. Jangan lupa, bahasa Perancis terpillih sebagai bahasa utama dalam dunia bisnis dan teknologi.