Pameran yang menampilkan beberapa cabang seni rupa dalam waktu dan tempat yang sama adalah

Klik Untuk Melihat Jawaban

#Jawaban di bawah ini, bisa saja salah karena si penjawab bisa saja bukan ahli dalam pertanyaan tersebut. Pastikan mencari jawaban dari berbagai sumber terpercaya, sebelum mengklaim jawaban tersebut adalah benar. Selamat Belajar..#


Answered by ericharichail on Sat, 04 Jun 2022 00:26:42 +0700 with category Seni and was viewed by 345 other users

Jawaban:

1.D.homogen

2.c.rutin

3.d.sebagai sarana untuk mencari popularitas

4.a. fungsi rekreasi

Penjelasan:

smoga membantu maaf klo salah

Jawaban:

12. D. Homogen

13. B. Incidental

14. D. Sebagai sarana mencari popularitas

15. A. Fungsi rekreasi

Penjelasan:

12. Jawaban benar D. Homogen. Pameran Homogen merupakan penyelenggaraan pameran dengan menampilkan karya seni dari salah satu cabang seni saja. Karya seni yang dipamerkan tersebut tidak bergantung dari jumlah peserta pameran atau pemilik karya.

  • Jika menjawab A. Tunggal, termasuk jawaban salah. Karena pameran tunggal merupakan pameran yang menampilkan beberapa karya seorang seniman saja berdasarkan dari jumlah pesertanya.
  • Jika menjawab B. Rutin, termasuk jawaban salah. Karena pameran rutin merupakan pameran yang diadakan setiap waktu yang ditentukan berdasarkan waktunya.
  • Jika menjawab C. Heterogen, termasuk jawaban salah. Karena, pameran heterogen merupakan penyelenggaraan pameran dengan menampilkan beberapa cabang seni rupa pada waktu dan tempat, serta peristiwa yang sama.

13. Jawaban benar B. Incidental. Pameran Icidental merupakan pameran yang diselenggarakan hanya pada waktu tertentu. Contohnya pameran di sekolah yang diselenggarakan hanya sekali dalam setahun atau sekali setiap semester.

  • Jika menjawab A. Permanen, termasuk jawaban salah. Karena pameran permanen merupakan pameran tetap dan tidak berubah. Contohnya Pameran di Museum.
  • Jika menjawab C. Rutin, termasuk jawaban salah. Karena pameran rutin diadakan setiap waktu yang ditentukan.
  • Jika menjawab D. Tetap, termasuk jawaban salah. Karena pameran tetap merupakan pameran yang tidak terikat waktu. Contohnya karya koleksi di Museum.

14. Jawaban benar kecuali D. Sebagai sarana mencari popularitas. Pameran di sekolah tentu berkaitan dengan pendidikan dengan tujuan diadakannya sebagai media menampilkan jati diri, sebagai sarana daya ekspresi, dan untuk memperluas pengetahuan.

15. Jawaban benar A. Fungsi rekreasi. Fungsi rekreasi merupakan fungsi kegiatan pameran karya seni untuk memberikan rasa senang sehingga dapat memberikan nilai psikis dan spiritual terutama hiburan.

  • Jika menjawab B. Fungsi Hiburan, termasuk jawaban salah. Karena fungsi hiburan bukan merupakan salah satu fungsi pameran dan lebih condong pada rekreasi.
  • Jika menjawab C. Fungsi edukasi, termasuk jawaban salah. Karena fungsi edukasi merupakan fungsi kegiatan pameran karya seni yang memberikan nilai ajaran terhadap masyarakat terutama apresiator.
  • Jika menjawab D. Fungsi Prestasi, termasuk jawaban salah. Karena fungsi prestasi merupakan fungsi kegiatan pameran karya seni yang dimaksudkan untuk mengetahui seniman yang berbakat yang disaksikan dari bentuk kreasi yang ditampilkan.

___________________________

Detail Jawaban

Kata Kunci = Pameran Seni Rupa

Mapel = Seni

kelas = 9 SMP

Baca Juga: Coba Buat gambar ilustrasi berdasarkan cerita yang anda buat!​


en.dhafi.link Merupakan Website Kesimpulan dari forum tanya jawab online dengan pembahasan seputar pendidikan di indonesia secara umum. website ini gratis 100% tidak dipungut biaya sepeserpun untuk para pelajar di seluruh indonesia. saya harap pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi para pelajar yang sedang mencari jawaban dari segala soal di sekolah. Terima Kasih Telah Berkunjung, Semoga sehat selalu.

OP Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions [MCQ] Easily at op.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Jenis pameran yang menampilkan karya seni dari satu cabang seni saja disebut pameran ....

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. Tunggal
  2. Kelompok
  3. Heterogen
  4. Homogen

Jawaban terbaik adalah D. Homogen.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan ❝Jenis pameran yang menampilkan karya seni dari satu cabang seni saja disebut pameran ....❞ Adalah D. Homogen.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu Karya seni grafis adalah karya seni rupa yang pembuatannya menggunakan teknik .... dengan jawaban yang sangat akurat.

Klik Untuk Melihat Jawaban

op.dhafi.link Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Video liên quan

Jakarta -

Pameran merupakan satu kegiatan penyajian karya seni yang dapat dilakukan oleh siapa saja untuk memperlihatkan hasil karya mereka. Dalam praktiknya, pameran dapat dilakukan oleh individu maupun kelompok.

Biasanya pameran dimulai dengan adanya acara pembukaan dan diakhiri dengan acara penutupan. Pada proses pelaksanaannya, sebuah pameran dipimpin oleh seorang kurator yang berperan dalam menentukan arah serta tujuan pameran, menjelaskan tentang karya yang ada di pameran serta mengoleksi karya yang akan dipamerkan.

Mengutip dari buku Siswa Seni Budaya untuk SMP/MTs Kelas IX yang disusun oleh Sri Sudaryati dan Boiman, beberapa karya seni rupa yang kerap dipamerkan yaitu pameran lukisan, pameran patung, pameran kriya, dan pameran tekstil.

Pameran dibagi ke dalam beberapa jenis. Secara umum, jenis pameran digolongkan berdasarkan karya yang dipamerkan, jumlah pesertanya, waktu dan tempat pelaksanaan pameran.

Jenis Pameran Berdasarkan Jenis Karyanya

Jika digolongkan berdasarkan jenis karyanya, jenis pameran dibagi menjadi dua kelompok, di antaranya adalah:

1. Pameran Homogen

Jenis pameran ini memamerkan satu jenis karya saja, sesuai dengan namanya yakni homogen. Contoh dari jenis pameran ini yaitu pameran lukisan, pameran patung, pameran seni grafis dan lain sebagainya.

2. Pameran Heterogen

Pameran heterogen memamerkan banyak jenis karya seni, tidak hanya satu. Misalnya seperti pameran seni rupa yang menampilkan berbagai macam karya, baik itu patung, batik, lukisan dan lain lain.

Jenis Pameran Berdasarkan Jumlah Peserta

Berdasarkan jumlah pesertanya, jenis pameran dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

1 Pameran Tunggal

Pameran tunggal adalah pameran yang dilakukan secara perorangan. Jadi, karya yang dipamerkan hanya karya satu orang.

2. Pameran Kelompok

Pameran kelompok berarti pameran yang dilaksanakan oleh lebih dari satu orang. Bahkan, cenderung dengan anggota kelompok.

Jenis Pameran Berdasarkan Ruang Tempat Pelaksanaan

Jenis pameran jika digolongkan berdasarkan tempat pelaksanaannya terbagi menjadi dua, di antaranya adalah:

1. Pameran Indoor

Pameran indoor berarti dilaksanakan di dalam ruangan tertutup. Pameran indoor biasa bertempat di gedung atau museum sekalipun.

2. Pameran Outdoor

Pameran outdoor dilaksanakan di luar ruangan. Biasanya karya-karya yang ditampilkan dalam pameran ini cenderung tahan akan suhu ruangan terbuka, seperti patung batu.

Fungsi dan Tujuan Pameran

Setelah mengetahui jenis pameran, pelaksanaan pameran juga memiliki fungsi dan tujuannya masing masing. Dikutip dari sumber yang sama, berikut merupakan fungsi dan tujuan pelaksanaan pameran.

1. Fungsi Apresiasi

Fungsi apresiasi berarti memberikan kesadaran terhadap nilai nilai seni dan budaya. Dengan adanya apresiasi, karya seseorang akan dinilai, dihargai, dipahami, dan dinikmati sehingga menimbulkan rangsangan positif.

2. Fungsi Edukatif

Fungsi edukatif pada pameran yaitu dapat mendidik manusia tentang nilai estetika dan seni budaya. Tak sampai disitu, adanya pameran juga melatih kepekaan terhadap rasa, cipta, dan karsa.

3. Fungsi Rekreasi

Fungsi rekreasi dari pameran seni rupa yaitu sebagai sarana hiburan.

4. Fungsi Prestasi

Fungsi prestasi maksudnya sebagai ajang untuk memperlihatkan prestasi yang dicapai oleh seseorang dalam bidang seni.

Adapun, tujuan dari pameran sendiri yaitu lebih kepada tujuan sosial dan kemanusiaan. Artinya, tujuan dari diadakannya pameran untuk menggalang dana kemanusiaan atau membantu masyarakat lain.

Selain itu, ada juga tujuan komersial. Tujuan ini dimaksudkan untuk menjual karya seni yang dipamerkan.

Lalu, ada yang namanya tujuan pendidikan. Pada tujuan yang satu ini, pameran biasa diselenggarakan di sekolah dengan cara memamerkan karya siswa.

Simak Video "Sensasi Berkunjung ke Pameran Pop Art NFT di New York"

[kri/kri]

Pameran seni rupa merupakan upaya bagi seniman untuk memperkenalkan karya seni rupa kepada khlayak atau masyarakat dengan tujuan untuk mendapatkan apresiasi. Tujuan tersebut dapat dicapai melalui komunikasi antara seniman dengan penikmat melalui karya seni rupa. Pada umumnya pelaksanaan Pameran Seni Rupa dapat dikategorikan dalam beberapa jenis. Masing-masing mempunyai pembagian yang disesuaikan dengan karakteristik dan spesifikasi bagian-bagiannya. Secara garis besar, pameran seni rupa dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Bentuk pameran berdasarkan ragam karya yang dipamerkan adalah sebagai berikut:

  1. Pameran homogen, yaitu penyelenggaraan pameran dengan menampilkan karya seni dari salah satu cabang seni saja. Karya seni yang dipamerkan tersebut tidak tergantung dari jumlah peserta pameran atau pemilik karya. Contoh Pameran Seni Lukis, maka yang dipamerkan adalah karya seni lukis.
  2. Pameran heterogen, yaitu penyelenggaraan pameran yang yang diikuti atau di dalamnya menampilkan beberapa cabang seni rupa pada waktu dan tempat, serta peristiwa yang sama. Contoh, pameran campuran yang di dalamnya dipamerkan berbagai jenis karya seni rupa seperti lukisan, foto, gerabah, grafis, dll. Sama halnya dengan pameran homogen, dalam pelaksanaan pameran heterogen juga tidak terpengaruh dengan jumlah peserta pameran atau pemilik karya [seniman] 

Bentuk pameran berdasarkan jumlah peserta atau jumlah seniman yang mengikuti pelaksanaan pameran, dibedakan sebagai berikut:

  1. Pameran tunggal, yaitu pelaksanaan pameran yang di dalamnya hanya menampilkan karya satu orang seniman saja.
  2. Pameran kelompok, yaitu pelaksanaan pameran yang didalamnya diikuti oleh beberapa seniman sebagai pesertanya dengan menampilkan karya-karyanya dalam satu tempat.

Bentuk pameran berdasarkan tempat dan waktu pameran adalah sebagai berikut:

  1. Pameran permanen atau tetap Pameran permanen atau tetap adalah bentuk pameran yang tidak terikat oleh lamanya waktu. Permanen berarti tidak pernah tutup dan tidak terikat oleh waktu.
  2. Pameran rutin Pameran rutin adalah pameran yang selalu diadakan dalam waktu-waktu tertentu.
  3. Pameran insidental Pameran insidental adalah pameran yang diadakan dengan maksud dan tujuan tertentu yang tidak terikat oleh rutinitas pelaksanaannya.

Q. SeniSebutkan macam-macam ragam hias yang kamu ketahui![tex]\bold{\underline{\mathbb{Rules \: :}}}[/tex][tex]✎ \: No \: Copas \: ☑[/tex][tex]✎\: No … \: bahasa \: alien \: ☑︎ [/tex][tex]✎ \: No \: Jawab \: Dikomen \: ☑︎ [/tex][tex]✎ \: Memakai \: Penjelasan \: ☑︎[/tex]Bagi yang butuh ubah username. Silahkan disimak pada gambar saja ya! Semoga membantu :v​

Q. Senisoal terlampir, sertakan penjelasanNote : yang mau req. silahkan ☺​

Q. Senisoal terlampirNote : jangan lupa WAJIB PAKAI PENJELASAN silahkan yang req. lagi​

Q. Senisoal terlampir, jawab yang benarNote : silahkan req.​

Apa hubungan antara gerak tari dengan level tinggi Jelaskan​

Q. Seni[tex]\bold{\blue{\underline{\red{\boxed{\green{\sf \bf \tt Soal \: nomor \: 1}}}}}}[/tex]Jelaskan pengertian dari cerpen[tex]\bold{\blue{\under … line{\red{\boxed{\green{\sf \bf \tt Soal \: nomor \: 2}}}}}}[/tex]Sebutkan ciri-ciri cerpen![tex]\bold{\underline{\mathbb{\red{Rules \: :}}}}[/tex][tex]\sf \bf \tt ✎ \: No \: Calcu \: ☑[/tex][tex]\sf \bf \tt ✎\: No \: bahasa \: alien \: ☑︎ [/tex][tex]\sf \bf \tt ✎ \: No \: Jawab \: Dikomen \: ☑︎ [/tex][tex]\sf \bf \tt ✎ \: Memakai \: Cara \: ☑︎[/tex]Capek ngetik :]Gak ada yang menghargai TwT​

kata pembuka untuk kolaborasi​

1. contoh alat musik melodis sebagai berikut kecualiA. harmonikaB. gitar C. fluteD. piano2. Biola termasuk jenis alat musikA. ritmisB. harmonisC. melo … disD. alat musik tiup​

Q. Seni[tex]\bold{\green{\underline{\blue{\boxed{\red{\sf \bf \tt Soal \: Nomor \: 1}}}}}}[/tex]Jelaskan Pengertian Dari Patung! [tex]\bold{\green{\un … derline{\blue{\boxed{\red{\sf \bf \tt Soal \: Nomor \: 2}}}}}}[/tex]Sebutkan Ciri - Ciri Dari Patung! [tex]\bold{\green{\underline{\blue{\boxed{\red{\sf \bf \tt Soal \: Nomor \: 3}}}}}}[/tex]Sebutkan Macam - Macam Patung Yang Kamu Ketahui [ Minimal 5 ]![tex]\sf \bf \tt \bold{\red{\underline{Rules \: :}}}[/tex][tex]\green{\sf \bf \tt ✎ \: No \: Copas \: ☑}[/tex][tex]\green{\sf \bf \tt ✎\: No \: bahasa \: alien \: ☑︎ }[/tex][tex]\green{\sf \bf \tt ✎ \: No \: Jawab \: Dikomen \: ☑︎ } [/tex][tex]\green{\sf \bf \tt ✎ \: Memakai \: \: Penjelasan \: yang \: \: logis \: ☑︎}[/tex]Malam Yang Sungguh Sunyi Sekali <3​

Q. seni Jelaskan pengertian dari tarian! Sebutkan contoh tarian yang kamu ketahui beserta daerah asalnya! #Semangat

Video yang berhubungan