Sebutkan manfaat dari sikap menghargai adanya perbedaan dengan orang lain

Sejak kita masih kecil, orang tua dan guru di sekolah dasar kita sudah mengajarkan banyak hal baik ke kita, salah satunya adalah saling menghormati satu sama lain. Sebagai makhluk sosial, kita selalu bersinggungan dengan orang lain. Agar hubungan kita dengan orang lain harmonis dan tetap terjaga, kita perlu menghormati orang lain.

Selain membuat hati orang lain senang dan merasa 'dimanusiakan', kebiasaan menghormati orang lain juga memberi hal positif bagi kita sendiri, lho. Berikut ini lima manfaat yang bisa kita dapatkan bila kita selalu menghormati orang lain.

Pexels.com/Laura Stanley

Saat kita menghormati orang lain, orang tersebut biasanya akan balik menghormati kita, meski mungkin ada juga segelintir orang yang cuek atau gak membalas kebaikan kita. Bila kita ingin dihormati orang lain, kita pun harus hormat kepada orang tersebut.

Kita tentu akan senang bila dihormati balik oleh orang lain, bukan? Karena itu, muncul istilah 'saling menghormati' yang mungkin sudah sering kita dengar.

Pexels.com/Blu Byrd

Dengan membiasakan sikap menghormati orang lain, kita akan lebih terhindar dari konflik dengan orang lain. Kita jadi lebih mudah menerima perbedaan dan tetap menghargai orang lain meski berbeda suku, budaya, atau agam dengan kita.

Dengan sedikitnya konflik, hidup kita tentu akan jadi jauh lebih tenang. Hal tersebut juga pada akhirnya akan berimbas pada kesehatan mental dan fisik kita.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menghormati Selera Orang Lain yang Berbeda Denganmu

Pexels.com/Gustavo Fring

Dengan kebiasaan menghormati orang lain, suasana akan terasa damai dan menyenangkan. Kita pun bisa lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan berbagai tugas kita tanpa bayang-bayang konflik. 

Selain itu, saat kita mulai stuck dengan pekerjaan, kita pun jadi gak segan untuk bertanya kepada orang lain. Hal ini karena kita selama ini sudah membina hubungan baik dengan menghormati orang tersebut. Dengan begitu, kita bisa segera mengakhiri masa stuck tersebut dan meneruskan pekerjaan kita kembali.

Bahkan, orang lain juga mungkin akan menjadi senang bekerja sama atau berkolaborasi dengan kita dalam hal pekerjaan. Hal ini jelas akan memicu kita untuk jadi lebih produktif. 

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sikap menghormati membuat kita jadi lebih mudah mendapatkan teman, bahkan teman yang berbeda suku atau teman internasional yang budayanya jauh berbeda dengan Indonesia. Adanya teman bisa bikin hidup kita jauh lebih berwarna dan menyenangkan. Kita pun gak akan merasa bosan dan sendiri.

Banyaknya teman juga bisa memperluas wawasan kita dan bahkan mendatangkan rezeki yang gak terduga, sehingga kita sendiri yang akan merasakan manfaatnya. Ingat, pepatah bilang, seribu teman terasa kurang, sementara satu musuh saja terasa sangat banyak. 

Pexels.com/fauxels

Bila kita sudah biasa menghormati orang lain, reputasi kita di mata orang lain pun akan terbangun dengan baik. Orang lain akan senang dan merasa nyaman berinteraksi denganmu, sehingga mereka gak segan memberimu dukungan, rekomendasi, atau sejenisnya kepada orang lain. Buat kamu yang sedang meniti dunia kerja, hal ini tentu akan sangat bermanfaat.

Wah, ternyata ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh jika kita selalu menghormati orang lain. Mulai sekarang, yuk biasakan menghormati orang lain dalam kehidupan sehari-hari kita. Semangat!

Baca Juga: 5 Cara Menghormati Hubungan Teman, Jangan Jadi Perusak!

Baca Artikel Selengkapnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

OKERTO - Kunci jawaban tema 7 hal 94 kelas 3 SD: Tuliskan manfaat saling menghargai perbedaan di masyarakat!

Ulasan pembelajaran berikut merupakan panduan jawaban bagi orang tua, selain itu diharapkan siswa dan siswi dapat mengeksplorasi lebih lanjut.

Seperti apa pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 SD halaman 94 ? Simak ulasannya oleh alumni UIN Yogyakarta, Muhammad Iqbal, S.Pd pada artikel dibawah ini.

Negara kita, Indonesia, memang ditakdirkan adanya keberagaman.

 Tercermin dalam semboyan yang dimiliki bangsa Indonesia, yakni "Bhinneka Tunggal Ika" yang memiliki arti berbeda-beda, tapi tetap satu jua.

 Oleh karena itu, alangkah baiknya kita menghargai keberagaman tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 SD: Tuliskan Benda-Benda yang Membentuk Sudut!

Terdapat beberapa manfaat dari rasa saling menghargai, antara lain:

1. Menjadikan hidup kita lebih berpengalaman.2. Meminimalisir timbulnya perpecahan atau permusuhan.3. Dapat menumbuhkan rasa persatuan.

4. Terciptanya rasa saling menghormati satu sama lain

Soal

Sumber: Buku Tematik Kelas 3 Kemendikbud


Page 2

Kunci Jawaban Tema 7 Hal 94 Kelas 3 SD, Tuliskan Manfaat Saling Menghargai Perbedaan di Masyarakat /Kanwil Kemenag /


Page 3

Kunci Jawaban Tema 7 Hal 94 Kelas 3 SD, Tuliskan Manfaat Saling Menghargai Perbedaan di Masyarakat /Kanwil Kemenag /

Ilustrasi 7 Manfaat Saling Menghargai Perbedaan dan Bertoleransi di Lingkup Masyarakat. Sumber: unsplash.com

Bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai keberagaman seperti suku bangsa, agama, serta keberagaman sosial dan budaya. Keberagaman di Indonesia adalah kekayaan bangsa yang perlu kita jaga, yaitu dengan terus merawat persatuan dan kesatuan dalam masyarakat Indonesia.

Upaya merawat dan menjaga persatuan dan kesatuan itu dapat dilakukan dengan selalu menerapkan sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut buku Pasti Bisa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD/MI Kelas V oleh Tim Tunas Karya Guru (2017: 56), contoh sikap menghargai dan menghormati dalam lingkup sosial budaya di Indonesia adalah:

  1. Menjaga kerukunan dalam lingkungan sosial.

  2. Saling tolong menolong, membantu, dan bekerja sama satu sama lain.

  3. Saling bertoleransi, menghormati dan menghargai antar masyarakat dari berbagai latar belakang, baik latar belakang sosial, ekonomi, maupun budaya

  4. Tidak memandang rendah atau menjelek-jelekkan orang lain yang berbeda latar belakang suku dan budaya lain.

  5. Menyelesaikan suatu permasalahan dalam masyarakat dengan musyawarah.

  6. Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Ilustrasi 7 Manfaat Saling Menghargai Perbedaan dan Bertoleransi di Lingkup Masyarakat. Sumber: pexels.com

7 Manfaat Sikap Saling Menghormati dan Menghargai dalam Lingkup Sosial

Sikap saling menghormati dan menghargai dalam lingkungan sosial dapat memberi manfaat kepada masyarakat. Berikut ini manfaat sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan menurut buku Pasti Bisa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD/MI Kelas V oleh Tim Tunas Karya Guru (2017: 57).

  1. Mencegah adanya masalah-masalah sosial yang berkaitan dengan keberagaman sehingga tidak mengarah pada pertentangan sosial yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

  2. Menciptakan kehidupan masyarakat yang selaras, seimbang, dan damai.

  3. Suasana pergaulan antar sesama dalam masyarakat semakin akrab.

  4. Menimbulkan sikap saling mengerti dan mengurangi prasangka antar sesama.

  5. Dapat memunculkan pemahaman dalam diri setiap anggota masyarakat bahwa perbedaan adalah sumber kekuatan dan kekayaan

  6. Meningkatkan rasa cinta pada tanah air dan bangsa.

  7. Memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.

Ilustrasi 7 Manfaat Saling Menghargai Perbedaan dan Bertoleransi di Lingkup Masyarakat. Sumber: pexels.com

Itulah penjelasan mengenai manfaat saling menghargai dan menghormati dalam lingkup sosial. Setelah memahami penjelasan ini, semoga kita semua dapat menerapkan sikap saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan bermasyarakat supaya dapat menjaga kesatuan dan persatuan di sekitar kita. (IND)


Page 2