Spaghetti 500 gram untuk berapa porsi

Fimela.com, Jakarta Pasta merupakan salah satu makanan khas Eropa yang cocok di lidah orang Indonesia. Bahkan pasta menjadi makanan alternatif jika bosan mengonsumsi nasi. Dikutip dari Independent pada Rabu (23/1/2019) British Nutrition Foundation melansir sebuah panduan terbaru soal porsi makan yang harusnya dikonsumsi seseorang dalam sehari.

Hal ini dibuat karena semakin meningkatnya orang dengan gangguan obesitas. Dari sekian jenis makanan yang diatur porsinya, makanan yang paling sulit untuk mendapatkan ukuran porsi yang tepat adalah pasta, nasi, dan biji-bijian yang memang tidak bisa dibagi dan cenderung mengembang ketika dimasak.

BACA JUGA

Pecinta Makan, Siap-Siap Manjakan Lidah di Festival Pasta

Sensasi Rasa Lasagna Oma Elly dari Resep Turun Temurun

Tips Mudah Masak Pasta Hanya dalam Waktu 60 Detik Saja

"Seringkali porsi yang dimasukkan ke dalam wajan akan terlihat kecil dan menambahkan lebih banyak dan akhirnya memasak lebih banyak dari yang dibutuhkan. Mendapatkan ukuran porsi makanan yang tepat dari jenis makanan ini adalah ketika benar-benar dimasak," ujar Bridget Benelam yang merupakan ilmuwan nutrisi dari BNF.

Ukuran porsi yang disarankan untuk pasta yang dimasak adalah 180 gram atau 254 kalori. Namun kembali melihat ukuran porsi untuk spageti disarankan mengonsumsi 230 gram atau 324 kalori per porsi.

 

TERKAIT: 6 Hal yang Dapat Memicu Kenaikan Berat Badan dengan Cepat

Advertisement

Porsi yang tepat makan pasta sebelum obesitas

Ilustrasi pasta (Foto: Unsplash.com/ Sebastian Holdago)

Kenyataanya, sebanyak 10 persen dari sampel yang diteliti justru menyajikan 350 gram pasta untuk satu porsi. Artinya sekitar hampir 500 kalori dihasilkan dari pasta saja. Belum termasuk saus dan isi yang ditambahkan pada pasta.

Penelitian menunjukkan bahwa menempatkan porsi yang lebih besar di piring artinya makanan yang dikonsumsi sudah berlebih. Dibutuhkan waktu bagi tubuh untuk mengetahui bahwa seberapa kadar cukup untuk makan sebelum makanan disajikan. Hal ini bisa dimulai dengan menyajikan sedikit demi sedikit. Tunggu beberapa saat untuk memastikan kondisi tubuh yang sudah kenyang atau belum.

Pasta adalah salah satu masakan khas Italia yang digemari hampir seluruh masyarakat di dunia. Beberapa modifikasi menu pun kerap dilakukan. Bagimana jadinya apabila menu pasta dibuat memakai bahan-bahan asal Indonesia seperti kecombrang? Intip seleng...

TERKADANG membuat spaghetti dalam porsi yang tepat sangat menyulitkan. Pasalnya, spaghetti instan tidak seperti mi instan yang kerap tersaji sudah dalam satu porsi yang pas.

Selain ditimbang berapa berat satu porsi yang dibutuhkan, ada cara lain untuk mengukur spaghetti dalam satu porsi. Caranya cukup mudah dilakukan lantaran tidak membutuhkan peralatan yang merepotkan.

Hanya dengan botol air mineral, Anda bisa mengukur berapa porsi yang pas untuk sajian spaghetti yang hendak Anda nikmati. Caranya mudah, cukup mengosongkan air di dalam botol dan keringkan.

Ketahuilah bibir botol air mineral ukuran kecil ini dapat memprediksi berapa jumlah porsi spaghetti yang Anda butuhkan. Genggam spaghetti yang hendak diolah, lalu masukkan ke dalam botol kosong tersebut, hingga bibir botolnya mampu menopang beberapa batang spaghetti sampai berdiri tegak.

Rupanya cara ini merupakan langkah mudah untuk mengukur jumlah spaghetti yang Anda butuhkan dalam satu porsi. Jika ingin makan lebih banyak, penuhi bibir botol tersebut hingga perbatangnya penuh.

Sebagaimana dilansir Metro, Senin (14/9/2015). Sayang, cara ini baru ditemukan dan hanya bisa diaplikasikan untuk mengukur porsi spaghetti dengan mudah. Cara ini juga tidak berlaku untuk fettucini atau jenis pasta lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak video di bawah ini.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ini bukan kali pertama saya membuat spaghetti bolognese. Namun ini menjadi kali pertama saya membuat spaghetti bolognese ala saya sendiri karena disesuaikan dengan apa yang ada (di rumah). Ini juga kepepet buatnya, secara keponakan yang saya janjikan untuk membuatkannya spaghetti, akan segera kembali ke kotanya seusai berlibur Natal dan Tahun Baru. Dan inilah resep ala saya yang ternyata laris manis dan disukai orang rumah.


Resep ini minus basil dan oregano, secara di swalayan deket2 rumah ga ada yang jual. Trus, ga bisa juga nyari ke swalayan yang lebih lengkap (karena kepepet itu tadi). But, you know, teteeepp uenaaakk rek.... ^_^


So, this is spaghetti bolognese recipe, by Pauline...


Bahan:
1 kotak spaghetti La Fonte 225 gram
250 gram daging sapi cincang
4 sosis sapi, diiris tipis
4 siung bawang putih, dicincang kasar
2 bawang bombay ukuran sedang, diiris tipis
4 buah tomat, dicincang kasar
Saus asam manis ABC secukupnya
Saus pasta bolognese La Fonte (ketepatan ada stoknya)
Garam
Lada
Mentega
Keju parut
Air

Cara Membuat:
Didihkan air, masukkan garam dan mentega secukupnya.
Masukkan spaghetti, rebus sampai terasa empuk-empuk kenyal.
Saring dan sisihkan.

Lelehkan mentega, masukkan bawang putih dan beberapa saat kemudian masukkan bawang bombay sampai layu dan harum aromanya.

Masukkan daging sapi cincang dan irisan sosis sapi, tumis sampai matang.
Masukkan tomat dicincang kasar, saus pasta bolognese dan saus asam manis secukupnya.
Masukkan lada dan garam.
Didihkan dan sisihkan.

Sajikan spaghetti di piring, saus bolognese di atasnya, dan parutan keju.
(Untuk 7-8 porsi)

Bon apetit... ^_^


#Tips:

Memasak spaghetti pastinya diawali dengan merebus spaghetti. Ketika spaghetti setengah matang, mulailah memasak saus bolognese-nya sedemikian hingga keduanya matang bersamaan. Hal tersebut akan membuat penyajiannya lebih menarik dan akan lebih nikmat ketika disantap.

Berapa gram spaghetti untuk 1 porsi?

Untuk membuat 1 porsi spaghetti, maka takarannya yakni 100 gram. Ada aturan dasar yang digunakan oleh banyak chef professional untuk memasak pasta adalah 100 gram pasta, 1 liter air dan 7 gram garam.

Berapa ukuran spaghetti?

Awalnya ukuran spageti sangat panjang, tetapi kemudian yang berukuran lebih pendek semakin populer selama paruh kedua abad ke-20 dan sekarang spageti paling banyak tersedia dalam ukuran panjang 25–30 cm (10–12 in). Beberapa varian hidangan pasta berasal dari pasta jenis ini sebagai dasar.

Spaghetti La Fonte 10 dan 11 apa bedanya?

Sama dengan fetucini, spageti dari La Fonte juga memiliki dua ukuran berbeda. Ukuran 10 memiliki diameter yang lebih kecil dibanding ukuran 11.

Berapa harga spaghetti La Fonte?

Berapa Harga Pasta La Fonte?.