Untuk menghindari pukulan lawan dalam pencak silat gerakan yang harus dilakukan adalah

Untuk menghindari pukulan dari lawan, maka gerakan / teknik yang harus dilakukan dalam bela diri pencak silat adalah gerakan (A) Elakan atau Mengelak.

Dalam olahraga beladiri nusantara terdapat berbagai macam bentuk pembelaan seperti tangkisan dan elakan.

Gerak spesifik agar serangan bentuk pukulan atau tendangan yang diberikan oleh lawan dapat dihindari kita perlu melakukan elakan.

Caranya dengan berpindah tempat, sehingga kita terhindar dari terkena pukulan karena berada diluar jangkauan musuh.

Intinya jika mengacu pada pembelajaran pada pencak silat kita mengenal dengan nama elakan bukan hindaran.

 Untuk melakukannya dengan melakukan langkah kaki berdasarkan 8 arah mata angin, dan juga tergantung bentuk pukulan yang dilakukan oleh lawan

Untuk menghindari pukulan lawan, maka gerakan yang harus dilakukan adalah

Penjelasan

  • Mengelak atau elakan merupakan bentuk pembelaan dengan cara menghindar, dari berbagai bentuk seragan yang dilakukan oleh lawan seperti pukulan, sikutan, dorongan, dengkulan dan lain sebaginya.

Sehingga jawaban yang paling tepat adalah A.

  • Melakukan tebakan atau menebak merupakan kemampuan seorang pesilat untuk menebak bentuk serangan yang dilancarkan.

Seperti misalnya, saat dia mengayunkan pukulan lurus ke depan. Maka kita akan menebak, akan diarahkan ke badna atau wajah.

Hal tersebut tidak ada hubungannya dengan menghindar.

  • Gerakan menangkis, dilakukan untuk mematahkan atau menghalau pukulan yang diberikan bukan untuk menghindar.

Bahkan tangkisan dapat dilakukan dengan kontak atau bersenuhan secara langsung.

  • Menghindar merupakan cara melakukan elakan. Dalam pencak silat kita mengenalnya dengan elakan bukan hindaran.

Jawabannya

Untuk menghindari pukulan lawan, maka gerakan yang harus dilakukan adalah

Teknik / gerakan (A) mengelak. 🚶‍♂️🥇👍

Dalam referensi buku PJOK kelas 7 yang kami gunakan, maupun dalam pembelajaran kelas 9, kami tidak menemukan keterangan secara khusus mengenai teknik atau gerak menghindar, adanya berupa bentuk pembelaan elakan.

Namun mengelak pada intinya memiliki tujuan untuk menghindari berbabagai macam bentuk serangan seperti pukulan.

Sehingga berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang paling tepat adalah A.

Jawanannya tidak terdapat pada buku, namun jika mengacu pada buku cetak tentang aktivitas pembelajaran beladiri pencak silat. Pilihan elakan yang paling benar.

Jawaban belum dikoreksi.

Gerakan Menghindar di Pencak Silat. (Foto: pinterest.com/500px)

Gerakan menghindari pukulan lawan adalah dengan hindaran. Dengan melakukan hindaran, gerakan yang dilakukan adalah untuk menghindari pukulan lawan melalui cara meliukkan anggota tubuh atau kaki tanpa harus menyentuh bagian tubuh atau alat senjata yang digunakan lawan dalam pencak silat.

Umumnya, gerakan ini dilakukan pada bela diri, khususnya pencak silat, memiliki tujuan untuk memindahkan posisi tubuh lawan agar mengubah arah pukulan dan tendangan yang akan dilakukan. Teknik pembelaan diri dalam pencak silat terbagi menjadi tangkisan, hindaran dan elakan.

Saat mempelajari seni bela diri ini, hal pertama yang harus dikuasai adalah kekuatan kuda-kuda kaki terlebih dahulu, kemudian masuk ke dalam bab teknik-teknik dasar dari mulai serangan, pembelaan dan penggunaan alat dalam pencak silat.

Pencak silat adalah olahraga sekaligus permainan kesenian yang berasal dari Indonesia yang mengandalkan kuda-kuda kaki dalam melakukan serangan dan pertahanan. Biasanya, pencak silat dilakukan secara adaptif agar memiliki kebebasan dalam menentukan gerakannya. Lalu, untuk menghindari pukulan lawan maka gerakan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

Gerakan Menghindari Pukulan Lawan

Ilustrasi Gerakan Hindaran Bela Diri Pencak Silat. (Foto: flickr.com/imronros)

Setelah memahami seni bela diri Pencak Silat dan dengan cara apa menghindar dari pukulan lawan tetapi tanpa menyentuh anggota tubuh atau alat senjata, sebaiknya kamu mengetahui jenis-jenis hindaran dalam pencak silat menurut Juli Candra, S. Pd., M. Pd., dalam buku Pencak Silat pada tahun 2021, yaitu:

Hindaran hadap adalah menghindar dengan cara memindahkan kaki sehingga posisi tubuh menghadap lawan. Teknik ini membuat jarak tubuh semakin jauh dekat anggota tubuh lawan.

Hindaran dengan teknik ini dapat dilakukan dengan cara menggerakkan kaki agar bergeser dan mendarat sampai anggota tubuh menghadap ke arah lawan secara langsung dan intens.

Apabila para petarung ingin mendapatkan celah pada pertahanan lawan untuk menentukan arah serangan berikutnya, hindaran hadap menjadi teknik paling efektif. Pastikan kuda-kuda kaki selalu dalam posisi terkuat.

Hindaran sisi adalah teknik menghindar dengan memindahkan kaki sehingga posisi tubuh menyamping dari arah lawan. Teknik ini dilakukan secara menghindar sekaligus dapat menyerang balik dengan mengarah tubuh lawan bagian samping kiri atau kanan.

Pastikan situasi sebelum menggunakan teknik hindaran sisi arah mata angin yang diambil menjadi titik buta lawan agar tidak terkena serangan lanjutan dan dapat memberikan waktu untuk menyusun strategi menyerang kembali.

Hindaran di Pencak Silat. (Foto: pinterest.com)

Teknik ini menghindar dengan cara mengangkat kaki karena lawan menyerang bagian bawah anggota tubuh.

Hindaran ini juga bertujuan agar tidak terkena serangan bagian tungkai yang menjadi tumpuan dalam keseimbangan tubuh. Karena menjaga keseimbangan dalam melakukan gerakan selanjutnya adalah hal yang penting dan krusial.

Teknik menghindar yang satu ini dilakukan dengan cara menggeser atau memindahkan kaki dengan cara menyilang. Hindaran silang bisa dilakukan dengan melalui silang depan maupun silang belakang.

Gerakan menghindari pukulan lawan yang perlu kamu lakukan adalah hindaran untuk mempersiapkan gerakan selanjutnya. Teknik ini juga terbilang sangat hemat tenaga, karena tidak perlu kontak fisik sekaligus menyimpan tenaga untuk berbalik menyerang.